Ringkasan Kurikulum

Kurikulum Prodi Penjaskesrek berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan jumlah total SKS yang harus diselesaikan setiap mahasiswa sebanyak 144 SKS.

 

Profil/kompetensi Lulusan Program Studi Penjaskesrek

  1. Menghasilkan calon guru Penjasorkes yang berkompeten, profesional, berkharakter, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, antisipatif, disiplin, dan menguasai IPTEKS. Ciri khas karakter yang dibangun pada Universitas Nusa Cendana, yang berbasis lahan kering yang selalu dihadapi dengan tantangan kerasnya lahan pertanian, kebanyakan musim kering, menyebabkan manusia NTT berkarakter keras. Dalam pembelajaran kami membiasakan agar calon guru lebih bersifat sabar, dapat menahan emosinya, lebih halus dalam bertindak, murah senyum dan tidak bertindak kasar.
  2. Menghasilkan hasil penelitian yang berkualitas, menghasilkan pengabdian masyarakat yang berkualitas terutama dibidang keolahragaan, yang berbasis IPTEKS. Lulusan dapat menjadi guru yang dapat melakukan penelitian, terutama Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki pembelajaran di sekolah, serta penelitian olahraga tradisional yang menjadi ciri kasih masyarakat NTT. Juga mereka dapatĀ  mengabdikan diri pada masyarakat, seperti menjadi wasit cabang olahraga, menjadi pelatih cabang olahraga, melakukan pijatan bagi masyarakat yang mengalami cedera atau kelelahan.
  3. Menghasilkan jumlah dan mutuĀ  pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, dalam bentuk pelatihan dan pelayanan masyarakat. Dalam bidang rekreasi lulusan dapat mengembangkan olahraga pariwisata yang menjadi andalan Provinsi NTT dalam meraih devisa.